7 Alasan Mengapa Berinvestasi di Indonesia

Ada banyak alasan mengapa harus memilih Investasi Indonesia. Kepulauan terbesar di dunia ini dikenal karena sumber daya alamnya yang luar biasa, potensi ekonomi yang luar biasa dan karena menjadi salah satu pasar ASEAN yang terkemuka. Dalam ulasan kali ini kami telah mengumpulkan daftar alasan mengapa Anda harus mencari investasi di Indonesia.

Alasan Mengapa Berinvestasi di Indonesia

1.Berbisnis Semakin Mudah Setiap Tahun

Indonesia telah mengikuti upaya yang signifikan untuk membuatnya layak bisa berderet di 15 tempat ke atas dari tahun lalu dalam daftar peringkat oleh Bank Dunia. Statistik tahun lalu membuktikan untuk Kemudahan Berbisnis memungkinkan Indonesia berada pada posisi ke 91.

Dibandingkan dengan posisi 128 di tahun 2013, itulah mengapa berinvestasi di Indonesia memberikan lebih banyak alasan karena peringkatnya telah meningkat secara luar biasa.

Direktur Negara Bank Dunia Rodrigo Chaves telah menyatakan bahwa pengaruh positif terkuat untuk perubahan indeks Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Lebih mudah membangun bisnis
  • Akses ke listrik
  • Mendaftarkan properti
  • Memperoleh keuangan
  • Membayar pajak
  • Terlibat dalam perdagangan lintas batas
  • Menetapkan kontrak

2. Klasifikasi Bisnis Lebih Terbuka Untuk Investasi Asing

Kepemilikan asing maksimum yang diizinkan oleh perusahaan ditentukan oleh Daftar Investasi Negatif yang dapat membatasi kepemilikan asing dari 0-100% tergantung pada klasifikasi bisnis.

Peraturan tersebut direvisi pada tahun 2016 dan membuka banyak industri. Berikut ini beberapa contohnya:

Restoran51%100%
Cafe49%100%
Bar49%100%
Property / Broker Real estate0%100%
Hotel (hingga 2 **)51%67%

3. Orang asing sekarang dapat memiliki tanah di Indonesia

Mulai dari awal 2015, orang asing juga memiliki hak untuk memiliki tanah di Indonesia. Peraturan Pemerintah No. 103/2015 tentang Kepemilikan Rumah Orang Asing yang Berada di Indonesia yang ditandatangani oleh Presiden Indonesia Joko Widodo hadir sebagai dukungan besar bagi orang asing.

Di Indonesia, orang asing sekarang dapat memperoleh tanah untuk tiga tujuan berbeda dengan sertifikat berikut:

  • Hak Guna Bangunan 
  • Hak Guna Usaha 
  • Hak Pakai 

Manfaat utama datang dengan Hak Pakai, yang memungkinkan orang asing untuk membeli rumah atau apartemen di Indonesia.

Seorang investor dapat mengajukan permohonan ke Hak Pakai ketika:

  • Memiliki perusahaan milik asing (PT PMA)
  • Memiliki perusahaan lokal
  • Menjadi orang alami dengan izin kerja dan tinggal (KITAS) yang valid

Properti Hak Pakai yang sudah kadaluwarsa (atau yang dijual kepada pemilik baru) akan mendapatkan kembali Hak Milik, status kepemilikan bebas.

4. Menurunkan jumlah korupsi dan birokrasi

Korupsi telah menyebabkan masalah di Indonesia. Namun ini adalah topik yang sedang ditangani secara aktif. Selain Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menegakkan peraturan untuk melacak korupsi, beberapa langkah telah diambil untuk memiliki ekonomi yang lebih bersih di Indonesia:

  • Meratifikasi Konvensi PBB Menentang Korupsi (UNCAC)
  • Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi 2012-2025

Menurut Indeks Persepsi Korupsi, Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang menunjukkan peningkatan yang stabil. Berdasarkan Transparency International, indeks korupsi di Indonesia pada tahun 2016 ditandai 3,7, tertinggi selama bertahun-tahun.

5. Salah Satu Kelas Menengah yang Paling Cepat Berkembang di Dunia

Kelas menengah di Indonesia berkembang pesat menjadikannya kelompok sasaran yang berharga bagi investor.

Menurut McKinsey, sekitar 90 juta orang Indonesia akan bergabung dengan kelas konsumen pada tahun 2030. Kelas konsumen dalam hal ini adalah orang-orang dengan pendapatan bersih tahunan $3,600 atau lebih tinggi dalam hal paritas daya beli. Itu akan berarti tambahan $1 triliun dalam pengeluaran tahunan oleh konsumen yang optimis dan semakin canggih.

6. Ekonomi Terbesar di Asia Tenggara

Indonesia memiliki populasi terbesar di Asia Tenggara. Ini juga merupakan lokomotif ekonomi regional – ia memiliki total PDB terbesar dan PDB per kapita yang tumbuh pesat di depan sebagian besar pasar perbatasan dan pasar baru di kawasan ini.

7. Persaingan rendah: hambatan masuk ke Indonesia adalah keunggulan kompetitif

Memasuki Indonesia tidak semudah di banyak pasar yang lebih maju. Bahkan Anda bisa mengatakan bahwa meskipun reformasi baru-baru ini masih merupakan pasar yang sangat rumit untuk masuk.

Namun, hambatan masuk tidak harus dilihat sebagai batasan tetapi lebih sebagai peluang. Ini akan membuat kompetisi relatif rendah dan yang mau menghadapi kompleksitas akan dihargai untuk itu. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk memahami pasar.

Meskipun pengaturan yang tepat mungkin tampak investasi yang signifikan, total biaya untuk memenuhi persyaratan dan memperoleh lisensi yang tepat sejak awal dalam praktiknya lebih kecil dibandingkan dengan amandemen yang harus dilakukan kemudian.

Jika Anda mempertimbangkan mengapa harus memilih investasi Indonesia dan memerlukan saran lebih lanjut, hubungi konsultan HSBC Indonesia melalui link yang sudah kami siapkan.

loading...
Loading...
7 Alasan Mengapa Berinvestasi di Indonesia | Bunda Amelia | 4.5