6 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Gigi pasti mulai menguning karena usia, tetapi berbagai strategi dapat memperlambat proses dan bahkan mengembalikannya menjadi putih. Alat pemutih gigipun sudah banyak tersedia di sebagian besar apotek, banyak Cara Memutihkan Gigi dan menghilangkan noda gigi.

Mengapa gigi menguning?

Gigi menguning karena dua alasan, yang keduanya cenderung bertambah dengan bertambahnya usia:

6 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Penipisan Enamel

Menggunakan soda dapat membantu memutihkan gigi yang telah menguning. Lapisan luar gigi terdiri dari enamel, yang berwarna hampir putih dan melindungi struktur gigi yang lebih dalam. Di bawah enamel adalah lapisan jaringan yang disebut dentin, yang berwarna kuning-cokelat. Ketika lapisan enamel menipis atau aus, gigi mulai terlihat lebih gelap.

Makanan asam, penyakit gusi, dan penuaan dapat merusak enamel gigi. Beberapa orang juga memiliki enamel yang secara alami lebih tipis.

Noda

Makanan dan minuman tertentu, seperti kopi, dapat menodai gigi. Beberapa makanan yang menodai gigi juga dapat merusak enamel, sehingga meningkatkan kekuningan pada gigi tersebut.

Sumber noda lainnya bisa dari akibat merokok, bahan tembakau dan antibiotik jenis tertentu.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Strategi berikut dapat membantu memutihkan gigi:

1.Membuat Perubahan Pola Makan

Menghilangkan makanan yang menandai gigi bisa mencegah noda lebih lanjut. Makanan dan minuman yang mengandung tanin, seperti anggur dan teh, bisa menodai gigi. Kopi dan soda gelap dan jus juga bisa menodai gigi.

Makanan yang asam bisa membuat gigi terlihat kuning dengan menurunkan enamel. Orang yang peduli dengan warna gigi mereka harus menghindari konsumsi jeruk, kopi, dan soda yang berlebihan. Atau, mereka harus selalu menyikat gigi setelah mengkonsumsinya.

Dokter gigi umumnya merekomendasikan menunggu 30 menit setelah makan sebelum menyikat gigi. Asam dapat melemahkan enamel, jadi menyikat terlalu cepat dapat menyebabkan kerusakan.

Berhenti merokok atau produk tembakau dapat mengurangi risiko noda nikotin. Ini juga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi, yang keduanya dapat merusak enamel dan menyebabkan masalah kesehatan mulut.

2.Menggunakan Oil Pulling

Oil pulling adalah istilah untuk mencuci mulut dengan minyak untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan kotoran. Ini bukan pengganti untuk menyikat gigi secara teratur atau flossing, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencuci mulut dengan minyak tertentu dapat membantu memutihkan gigi.

American Dental Association (ADA) menganggap penarikan minyak sebagai perawatan gigi yang tidak konvensional, dengan menyatakan, “tidak ada studi ilmiah yang dapat diandalkan untuk menunjukkan bahwa penarikan minyak mengurangi lubang gigi, memutihkan gigi, atau meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mulut.”

Untuk mencoba metode ini, bilas mulut dengan minyak selama satu menit setelah menyikat, lalu keluarkan.

Minyak yang cocok untuk menarik minyak meliputi:

  • Minyak kelapa
  • Minyak bunga matahari
  • Minyak wijen

3. Menyikat dengan baking soda

Soda kue bisa dengan lembut menghilangkan noda pada permukaan gigi. Beberapa orang khawatir bahwa soda kue terlalu keras dan dapat mengikis enamel, tetapi penelitian dari 2017 menemukan itu cara yang aman untuk menghilangkan noda.

Soda kue juga dapat membantu melawan bakteri, yang menunjukkan bahwa ia dapat mengurangi plak dan mencegah kerusakan gigi.

4. Menggunakan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah pemutih ringan yang dapat membantu memutihkan gigi yang ternoda. Untuk memutihkan yang optimal, seseorang dapat mencoba menyikat dengan campuran soda kue dan hidrogen peroksida selama 1-2 menit dua kali sehari selama seminggu.

Hidrogen peroksida dapat meningkatkan sensitivitas gigi, sehingga tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang atau untuk orang yang sudah memiliki gigi sensitif.

5. Memutihkan Gigi dengan buah-buahan

Papain dan bromelain, yang merupakan enzim yang terdapat pada pepaya dan nanas, dapat membantu memutihkan gigi.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan bukti awal bahwa solusi yang mengandung bahan-bahan ini dapat menawarkan efek pemutihan yang sederhana. Namun, penulis penelitian mengingatkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah enzim ini efektif atau tidak.

6. Menjaga kebersihan mulut yang sangat baik

Menjaga kebersihan mulut yang baik adalah hal terpenting yang bisa dilakukan seseorang untuk mengurangi kekuningan gigi.

Menyikat dan flossing secara teratur dapat melindungi email gigi, mencegah kerusakan gusi, dan menghilangkan noda.

Kebersihan mulut yang baik meliputi:

  • Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Seseorang harus yakin juga membersihkan sekitar gusi dan bagian belakang gigi.
  • Menggunakan pasta gigi berfluoride. Fluoride dapat melawan dan bahkan membalikkan kerusakan gigi. Meskipun beberapa orang menentang penggunaan fluoride, dokter gigi percaya bahwa fluoride aman dan bermanfaat bagi gigi.
  • Flossing untuk menghilangkan plak di antara gigi.

Metode Yang Tidak Berfungsi

Strategi pemutihan gigi alami yang dapat membahayakan gigi termasuk menggunakan:

  • Jeruk lemon
  • Buah Jeruk
  • Cuka sari apel
  • Arang aktif

Hanya sedikit orang yang memiliki gigi putih alami, karena gigi cenderung menguning seiring bertambahnya usia. Namun, menjaga kebersihan mulut yang sangat baik dan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur dapat membantu menjaga gigi tetap cerah.

loading...
Loading...
6 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami | Bunda Amelia | 4.5